Senin, 07 Desember 2009

Proses Implementasi Ergonomi di Perusahaan


Ergonomik merupakan ilmu untuk merancang atau mendisain lingkungan kerja atau pekerjaan agar sesuai dengan pekerjanya ( fit the job to the man).


Bagaimana mendisain program ergonomi di tempat kerja, berikut ada sedikit gambaran dan pendekatan yang bisa kita gunakan untuk menerapkan ergonomi di tempat kerja. Penerapan ergonomi di indonesia terus terang masih tertinggal jauh, dibandingkan di luar negeri.

3 Langkah Awal Untuk Membangun Program Ergonomi di Tempat Kerja:
Membangun komitmen dari manajemen ( ini sangat diperlukan dalam setiap penerapan program, karena sistem yang baik harus ditunjang oleh dukungan dari top management).
Mengadakan pelatihan ergonomi untuk mendorong adanya partisipasi dari seluruh karyawan.( memeberikan pengetahuan kepada pekerja akan pentingnya penerapan ergonomi demi meningkatkan produktivitas di tempat kerja).
Membentuk working group yang bertanggung jawab untuk penerapan program ini ( team P2K3/ HSE)

Perancangan Program Ergonomi Dapat Dilakukan Dengan 2 Pendekatan
pendekatan Reaktif:

Yaitu perancangan program dilakukan untuk memperbaiki kondisi lingkungan kerja yang sudah ada agar lebih ergonomis, sehat dan aman.
Pendekatan Pro Aktif:

yaitu perancangan program dilakukan untuk membuat kondisi lingkungan kerja yang baru agar lebih ergonomis, sehat dan aman

Ref: wells dkk, 2003. Participative Ergonomic Blueprint, www.iwh.on.ca

Sumber :
Aifa Destriani
http://kasmancepu.com/2009/03/05/proses-implementasi-ergonomi-di-perusahaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar